7 Channel Youtube Ini Bisa Tingkatkan Bahasa Inggrismu, Subscribe Yuk!


Cover Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang wajib dikuasai pada zaman sekarang. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris telah menjadi salah satu kualifikasi yang harus ada pada diri kita, terutama untuk kalian yang ingin kuliah, berkarir, dan travelling ke luar negeri. Lalu bagaimana selama ini kalian meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris tersebut? Sudahkah kalian manfaatkan gadget yang kalian punya?

Sekarang belajar Bahasa Inggris tidak sesulit dan sekaku kurikulum sekolah lho, kalian bisa menggunakan sumber darimanapun dan have fun with 'em. Salah satunya yaitu YouTube sebagai penyedia situs berbagai video gratis, terdapat bermacam channel tentang bahasa inggris yang bisa kita temui disana, mulai dari grammar, speaking, TEOFL, structure, listening, daily conversation dan lain sebagainya. Kalian cukup menonton video, pahami materinya dimana saja dan kapan saja. Saya sendiri memiliki beberapa channel favorit yang ingin saya rekomendasikan pada kalian semua, simak di bawah ini ya 😚

1.  VOA Learning English
VOA Learning English

VOA Learning English menyediakan berbagai macam teks berita dari Amerika, yang disajikan menggunakan caption tertulis sehingga memudahkan penontonnya meningkatkan listening & speaking skills, dengan topik yang bervariasi baik itu sosial, politik, selebriti, sains, dll. Selain itu dalam channel ini juga disediakan materi mengenai everyday grammar atau lainnya yang berguna untuk meningkatkan kemampuan percakapan Bahasa Inggris.

2.  mmmEnglish
mmmEnglish by Emma Jakobi

Channel mmmEnglish ini dipegang oleh seorang perempuan asal Australia yaitu Emma Jakobi. Dari sini kalian bisa menambah kemampuan speaking in english dengan materi tentang imitation lesson, pronunciation, grammar, english idiom dan lain-lain. Kalian juga bisa mempelajari tentang australian accent dan membandingkannya dengan british or american melalui channel ini.

Beliau juga membuat sebuah group di Facebook yang dikhususkan untuk para wanita yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. Sehingga mereka bisa bertemu dan bercengkrama disebuah forum yang diisi oleh para wanita dari belahan dunia. Kalian yang tertarik bisa akses websitenya disini.

3.  English with Lucy
English with Lucy

Pemilik channel English with Lucy merupakan seorang wanita yang bekerja sebagai guru Bahasa Inggris yaitu Lucy Bella Earl. Dalam seluruh videonya, guru cantik satu ini menggunakan aksen british, namun tenang saja, aksen british-nya masih sangat mudah dipahami kok. Saya rekomendasikan channel ini untuk kalian yang tertarik dan ingin mendalami aksen british atau kalian yang sedang/akan mengambil tes IELTS. 

4.  Interactive English
Interactive English

Interactive English dijalankan oleh sepasang suami istri dari Amerika yaitu Wes dan Ioana. Berbeda dengan channel yang lain, mereka berdua mengusung pembelajaran bahasa inggris yang interaktif yakni dengan mengajak peran aktif para penontonnya melalui sosial media yang mereka punya. Selain dari YouTube, mereka juga menggunakan instagram, twitter, dan snapchat, disitu mereka sering posting pertanyaan atau kuis sederhana beserta link atau gambar materi yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut, untuk menilai sejauh mana kita memahami materi yang mereka berikan. Dari postingan mereka, kalian bisa menjawabnya langsung melalui komen, reply, atau polling yang tersedia disana. 

5.  Let's Talk
Let's Talk

Lain dari beberapa channel yang telah saya sebutkan disini, channel YouTube satu ini berasal dari Negeri Hollywood lho. Bila channel yang lain dijalankan oleh satu atau dua orang saja, disini kalian akan menemukan 8 atau lebih pengajar yang sebagian besar berasal dari India. Namun mereka juga jago berbahasa inggris, karena bahasa tersebut telah menjadi bahasa sehari - hari disana.

Selain itu, mereka juga membuka channel lainnya yang khusus membahas mengenai softskill di dunia kerja seperti communication, teamwork, leadership, attitude, emailing, dan masih banyak lagi. Channel tersebut diberi nama "Skillopedia - Skills for the real world", atau kalian bisa kunjungi disini.

"Skillopedia teaches you the skills you need for a happy and successful career"

6.  engVid : Learn English
engVid Learn English

Sama seperti Let's Talk dari India, channel satu ini merupakan wadah dari kumpulan para native speaker sebagai guru bahasa inggris profesional. Kurang lebih mereka berjumlah 11 orang, selain disini kalian juga bisa kunjungi personal channel milik masing-masing guru favorit kalian. Channel dengan 414 ribu subscriber ini telah memiliki hampir 1000+ video yang membahas mengenai English grammar, vocabulary, pronunciation, accent, slang, phrasal verbs, idioms, culture, IELTS, TOEFL, business English dan masih banyak lagi.

7.  Go Natural English
Go Natural English

Go Natural English dijalankan secara perorangan oleh Gabby Wallace. Beliau merupakan pengajar bahasa inggris yang mengambil Master's degree jurusan TESOL (Teaching English to Speakers of Other Language), jadi tidak diragukan lagi teknik mengajarnya memang khusus untuk kita yang first language-nya bukan bahasa inggris. Beliau mengusung materi tentang American English mulai dari listening, pronunciation, accent training dan lain-lain.

"Practice Creates Confidence. And Confidence Empowers You" - Simone Biles

Kelebihan belajar melalui YouTube adalah kalian bisa mengatur waktunya sendiri sesuka hati, tak perlu lama-lama tetapi harus rutin akan menunjukkan perubahan yang lumayan lho. Bantuan video ini membuat visualisasi materi yang lebih mudah dipahami. Semua channel-nya dijalankan dan diisi oleh native speaker, sehingga kalian bisa melakukan self assessment untuk mengetahui sejauh mana sih kalian bisa memahami percakapan/teks bahasa inggris tersebut. Serta guru-guru yang berasal dari beberapa negara dapat memudahkan kita membandingkan dan membiasakan telinga kita dengan aksen bahasa inggris yang berbeda-beda.

Nah, gimana? Yuk tunggu apalagi, segera subscribe semua channel diatas dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu sekarang juga!

6 komentar

  1. Wah makasih gi infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mad, terima kasih udah mampir ya ~

      Hapus
  2. jadi mbaknya subscribe yang mana? american or british?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya, channel yang saya sebutkan diatas tadi udah saya subscribe semua kok hehe

      Hapus
  3. Alhamdulillah.. terima kasih infonya mbk. Kebetulan sy ingin meningkatkan english sy. Tp gk tau gmn caranya. Heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ayo sama-sama belajar mbak 😉 semoga bermanfaat

      Hapus